Jumat, 19 April 2013

PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI PADA KOMODITI PERTANIAN


PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI PADA KOMODITI PERTANIAN
1. Gejala benjolan (galls)
Agrobacterium tumifaciens
Agrobacterium tumefaciens : Crown Gall, Benjolan pada akar, batang, atau dahan-dahan. Agrobakterium rhizogenes : Akar “Berambut” (Hairy Roots) : Pertumbuhan berlebihan secara abnormal dari akar-akar, baik yang menghasilkan benjolan (gall tissue) maupun tidak. Agrobakterium rubi : Benjolan batang/dahan (Cane Gall) : Benjolanbenjolan pada batang/dahan yang sedang berbuah dari tanaman “Blackberry” dan “Raspberry”. Pseudomonas savastanoi : Benjolan Pohon “Olive” (Olive Knot) : Benjolan-benjolan pada akar dari pohon “Olive” dan “Ash”, juga pada rantingranting pohon “Olive”. Corynebakterium fasciens : Penyebab Fasciation. Benjolanbenjolan pada dahan tanaman kapri, Crysanthemum, dan tanaman-tanaman bunga lainnya.
                                              
2. Gejala layu
Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Pseudomonas solanacearum.jpgPseudomonas solanacearum
Gejala awal serangan pada tanamannya yaitu tanaman pertama menjadi layu pada beberapa tanaman muda atau menguningnya daun- daun tua (daun- daun sebelah bawah), pada batang tanaman sakit membentuk lebih banyak akar adentif sampai setinggi bunga. Jika batag,cabang, atau tangkai daun tanaman sakit dibelah maka tampak berkas pembuluh berwarna coklat, dan empulur berwarna coklat.
                                 
                                   
3. Gejala slime flux (mengeluarkan lendir)
Erwinia nimipressuralis : Perlendiran Bakteri atau Kebasahan pada Kayu (Slime Flux or Wetwood). Menyerang pohon Elm, mulberry, maple, oak, poplar, dan willow. Jaringan kayu dan pohon-pohon itu menjadi berwarna gelap dengan sifat seperti bekas terendam air, dari luka-luka maupun celah-celah yang ada keluarlah cairan/lendir secara terputus-putus maupun terus-menerus. Bakteri menimbulkan tekanan (gas) pada cairan yang beredar dalam tanaman. Bau- busuk timbul pada lendir setelah diuraikan oleh micro-organisme sekunder.
Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Erwinia nimipressuralis 2.jpg
           
4. Gejala busuk lunak/ basah
Erwinia carotovora
Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Erwinia carotovora.jpg
            Serangannya dapat menyebabkan melunaknya daun dan batang pada tanaman disertai perubahan warna menjadi cokelat sambil mengeluarkan bau busuk, sedangkan bagian tanaman yang terserang akan mengeluarkan lendir putih, kental dan lengket.
            
                                   
5. Gejala busuk keras (Firm rot)
Pseudomonas syringae
Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Pseudomonas syringae2.jpgDescription: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Pseudomonas syringae3.jpgBusuk hitam pada celah-celah tanaman citrus (Black Pits of Citrus-Citrus Blast). Bercak-bercak berwarna hitam dan cekung pada buah Citrus, terutama Lemon; tanpa pembusukan.






Pseudomonas cattleyae
            Merupakan bakteri yang menyebabkan gejala pada tanaman anggrek, gejalanya yaitu terjadi bercak coklat dan bercak lunak kebasah- basahan yang kemudian berubah menjadi coklat atau hitam, sedangkan tanaman yang sakit atau terinfeksi dan mengeluarkan cairan dan serangan bakteri akan dapat menyebabkan kematian tanaman.
                                           
6.Gejala blights (bercak besar) dan kanker
Erwinia amylovora
 Gejala penyakit yang disebabkan bakteri ini antara lain bercak dan bercak (blight) pada daun, ranting, cabang dan sebagainya, busuk lunak pada buah, akar dan bagian-bagian tempat penyimpanan zat makanan, layu, kudis, kanker, puru dan sebagainya.
                     
7.Gejala Becak becak daun
Xanthomonasi campestris pv. Phaseoli
Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Xanthomonas phaseoli.jpgBercak-bercak bakteri biasa paca kacang buncis/polong. Mula-mula bercak-bercak kecil pada daun, bersudut-sudut, bersifat seperti bekas terendam air, dan berwarna hijau-muda. Kemudian menjadi besar dan mengering, berwarna kuning-coklat dengan tepinya berwarna kuning. Bercakbercak pada batang/cabang menyebabkan mudah patah bila tertiup angin. Bercak-bercak pada polong merupakan noda seperti bekas terendam air, hijau-tua, lalu mengering, cekung, kemerah-merahan, dan mengadung kerak dari lendir bakteri yang kering. Kalau sudah begini maka biji-bijnyapun kena infeksi : berbercak-bercak dengan warna kuning-coklat sampai kelabu.







8. Gejala Kurap/Luka terbuka (Scab or pits)
Streptomyces scabies
Tanaman yang terserang menunjukkan adanya bercak yang lama- kelamaan berkembang menjadi kudis, kudis berbentuk seperti kutil yang merupakan penebalan jaringan tanaman (membentuk sel gabus) yang terjadi pada umbi tanaman kentang.
                                                   
Streptomyces ipomoeae
Penyakit ini disebut juga dengan cacar atau busuk akar kecil. Patogen ini menyerang bagian bawah tanaman termasuk akar, umbi, dan pangkal batang, gejalanya yaitu terjadi infeksi pada sistem akar fibrosa yang sering disebut sebagai "busuk akar kecil" yaitu tanaman yang terkena menjadi kerdil, daun lebih kecil Description: E:\KLINIK TANAMAN\gmbr\Streptomyces Ipomoea.jpgdan pucat.
                                         

5 komentar: